Al Haris Ikuti Apel dan Simulasi Karhutla Bersama Menko Perekonomian Airlangga

Jambi, Thehok.id – Gubernur Jambi Al Haris mengikuti apel dan simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lapangan depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Palembang, Sabtu (20/07/2024).

Apel dan simulasi kebakaran hutan dan lahan ini dipimpin oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada kesempatan itu menekankan beberapa hal untuk penanganan Karhutla di Sumsel, Jambi dan Riau, diantaranya memprioritaskan upaya pencegahan dan penegakan hukum tanpa kompromi.

“Upaya pencegahan perlu diprioritaskan jangan terlambat, manajemen lapangan harus terstrukturisasi, pencegahan Karhutla sejak dini, jajaran di daerah harus terus memperbarui informasi,” kata Airlangga Hartarto.

“Unsur pemerintahan Polri dan TNI di bawah Babinsa Kades Babinkamtibmas di libatkan dan pemberian edukasi tentang Karhutla terus dilakukan. Selanjutnya penantaan pengolahan gambut dan penengakan hukum tanpa kompromi agar menimbulkan efek jera,” tambah Airlangga lagi.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris usai mengikuti apel dan simulasi Karhutla di lapangan depan Rumah Dinas Gubernur Sumsel mengatakan Jambi, Sumsel dan Riau masuk dalam peta rawan Karhutla dan daerahnya saling berbatasan, sehingga penting koordinasi terus ditingkatkan.

“Sumsel, Jambi dan Riau daerah yang langsung berbatasan sehingga pola penanganan Karhutla perlu bersama,” kata Al Haris.

Al Haris berharap apel dan simulasi Karhutla itu dapat meningkatkan sinergitas antar daerah yang masuk dalam peta rawan Karhutla, serta konsistensi semua pihak untuk penanganan Karhutla terus terjalin.

“Perlu semua pihak baik TNI, Polri, BPBD dan semuanya bersama mencegah agar tidak terjadi Karhutla. Terima kasih banyak kepada Pemprov Sumsel dan Menteri Koordinator Perekonomian Pak Airlangga Hartarto, semoga acara ini memberikan manfaat bagi daerah kita semua,” kitanya.(die)

Komentar