Gubernur Al Haris dan Istri Mendapat Gelar Adat Paninggahan Solok 

Jambi, Thehok.id – Gubernur Jambi Al Haris beserta istri Hesnidar Haris mendapat gelar kehormatan dari adat Nagari Paninggahan Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Gelar kehormatan ini disematkan ke Al Haris beserta istri Hesnidar Haris pada acara Alek Nagari Paninggahan Solok Sumbar yang berlangsung di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (13/07/2024) malam.

Gubernur Al Haris oleh warga adat nagari Paninggahan diberi gelar Sutan Pamuncak, sedangkan Hesnidar Haris diberi gelar Puti Junjung Sirih.

Prosesi pemberian gelar adat ini dipimpin oleh ketua kerapatan adat nagari Paninggahan, K Datuk Manijun yang ditandai dengan pemasangan Deta dan penyisipan keris kepada Gubernur Al Haris.

“Kami telah bersepakat untuk memberikan gelar kehormatan kepada bapak Al Haris dengan gelar Sutan Pamuncak, dan Hesnidar Haris dengan Gelar Puti Junjung Sirih,” kata K Datuk Manijun.

Sementara itu, Gubernur Al Haris mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga besar Paninggahan yang telah memberikan gelar kehormatan kepada dirinya beserta istri.

“Ini perlu kami tegaskan bahwa gelar adat ini tidak ada tujuan politiknya, tapi gelar ini akan disandang sampai kapanpun, jadi keluarga Paninggahan ini juga sudah bagian dari kami. Tentu ini menambah keluarga kami, keluarga besar kami. Mudahan kami bermanfaat bagi orang banyak, khususnya keluarga Paninggahan,” kata Al Haris.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Paninggahan (PKP) Kasria Dede mengatakan warga Paninggahan di Jambi banyak mendapat perhatian dari Gubernur Al Haris.

“Kami sangat merasakan seolah Jambi ini kampung kita sendiri tidak ada perbedaan perlakuan dari Al Haris terhadap warga minang Paninggahan di Jambi. Kami mengucapkan ribuan terima kasih, yang saat ini Pak Al Haris sudah menjadi mamak bagi seluruh warga Paninggahan,” ujar Kasria Dede.

Pada acara ini juga berlangsung pelantikan enam pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Keluarga Paninggahan. Selain Gubernur Jambi Al Haris dan istri, gelar adat juga diberikan Keluarga Paninggahan kepada Azhar Rajo Basa (DPRD Terpilih Kota Jambi).(*)

Komentar