Peringati 50 Tahun LAM Jambi, Al Haris Apresiasi Peran Tokoh Adat

Jambi, Thehok.id – Acara peringatan Hari Adat Melayu tahun 2024 ini bertepatan dengan 50 tahun usia Lembaga Adat Jambi (LAM). Pada kesempatan ini, Gubernur Al Haris memberikan apresiasi terhadap peran tokoh-tokoh adat yang telah berkomitmen membesarkan Lembaga Adat Melayu Jambi sehingga semakin maju dan berkembang. Hal ini disampaikan pada Puncak Hari Adat Melayu Jambi Tahun 2024, bertempat di Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi, Minggu (07/07/2024).

“50 tahun sudah perjalanan lembaga adat Melayu jambi Provinsi Jambi dengan segala dinamika perkembangan nya. Oleh karena itu kita patut bersyukur bahwa kita terlahir ditengah tengah negeri yang mempunyai adat istiadat yang mempunyai lembaga adat,” ujar Gubernur Al Haris.

“Kemudian kita juga bersyukur memiliki tokoh tokoh adat yang berkomitmen membesarkan lembaga adat melayu jambi sampai pada hari ini. Ini semua berkah tokoh-tokoh kita sehingga LAM Jambi semakin maju dan berkembang,” lanjut Gubernur Al Haris.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Jambi nomor 538/Kepgub/Disbudpar/2023 pada tanggal 23 Juli 2023 yaitu menetapkan Puncak hari Lembaga Adat Melayu diperingati setiap 1 Muharram.

Dalam sambutan nya Gubernur Al Haris mengatakan, dalam adat Melayu, agama Islam menjadi panutan dan boleh dikatokan hampir tidak ada dari masyarakat Melayu yang tidak menganut agama Islam, sehingga adat dan agama Islam ini merupakan jalinan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain yang dititikberatkan pada agama, dimana adat bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitabullah, syarak mengato adat memakai. Dengan demikian, dapat dikatokan bahwa dalam kehidupan masyarakat Melayu dimana adat tidak boleh bertentangan dengan agama.

“Karena pada hakikatnya, adat istiadat ini merupakan ketentuan yang mesti kita taati dan hargai dan menjadi suatu tata nilai yang tumbuh dan berkembang pada lapisan masyarakat yang mendiami suatu daerah tertentu,” kata Gubernur Al Haris.

Selanjutnya Gubernur Al Haris menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkompinda selaku pembina lembaga adat Melayu jambi dan juga kepada Bupati Walikota yang menjadi pembina di daerah nya masing-masing.

“Kami ucapkan terima kepada teman-teman kami Forkompinda yang juga selaku pembina lembaga adat Melayu jambi yang ikut membesarkan lembaga adat melayu jambi, termasuk juga kepada Bupati Walikota yang juga pembina lembaga adat Melayu diwilayah masing masing dan ketua Lembaga Adat Kabupaten Kota yang terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah,” ucap Gubernur Al Haris

“Kita berharap lam dimasa mendatang terus berkiprah dan memberikan manfaat untuk anak negeri di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang kita cintai,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sebelumnya Ketu Umum Lembaga Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mengatakan bahwa tugas LAM Jambi ini yaitu memelihara adat istiadat bekas pakai nenek moyang yang harus dilestarikan hingga saat ini.

“Kami tugasnya hanya memelihara bekas pakai nenek moyang kita terdahulu dan sampai sekarang harus tetap kita lestarikan. Dengan perkembangan zaman saat ini yang semakin jauh dengan adat, kami masih menerapkan itu semua tentu didukung dengan pejabat pemerintah daerah,” ujar HBA.(*)

Komentar